Berkah dari Restu



Sejak awal berdirinya MA Tajul Ulum pada tahun 1985 hingga sekarang, madrasah tercinta kita ini  telah banyak meluluskan para siswa-siswanya. Dengan peningkatan yang cukup baik dari segi kuantitas, maupun kualitatis mutu pendidikan. MA Tajul Ulum berhasil mencetak  banyak generasi penerus bangsa yang kompeten, berakhlak, berilmu dan bertaqwa pada Allah Yang Maha Esa. Banyak alumni MA Tajul Ulum yang melanjutkan karir pendidikannya di pelbagai universitas ternama di Indonesia. Bukan hanya di universitas di indonesia saja. Bahkan, tak sedikit pula yang melanjutkan karir pendidikannya di universitas ternama di luar negeri. Seperti di Yaman, Kairo, Baghdad hingga Saudi Arabia.

Hanif Lutfhi, Lc. ini adalah salah satunya. Ia melanjutkan pendidikan S-1 Universitas Al Imam Muhammad bin Saud Riyadh Arab Saudi cabang Jakarta  Fakultas Syari 'ah Jurusan Perbandingan madzhab. Alumni kelahiran Tanggung, Tanggungharjo, Grobogan ini menempuh karir pendidikan pertamanya di SD Negeri 2 Tanggungharjo. Setelah lulus, beliau melanjutkan ke MTs Tajul Ulum kemudian di tingkat SMA/MA sederajat ia melanjutkan menimba ilmu di Yayasan Tajul Ulum juga.

Hanif yang dikenal baik dan ramah di lingkungannya pernah menjabat sebagai Ketua OSIS di MA Tajul Ulum pada tahun 2004/2005. Ia bisa kuliah sampai keluar negeri karena mengikuti program  beasiswa yang diselenggarakn oleh LIPIA (Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab). Dalam mendapatkan beasiswa itu Hanif harus bekerja keras karena ia harus mampu bersaing dengan 1500 calon mahasiswa lainnya. Padahal yang diterima kala itu hanya 80 calon mahasiswa saja. Tak hanya itu iapun harus memenuhi tiga syarat. Pertama, hafal Al-Qur'an. Kedua, menguasai bidang Ilmu nahwu (Alfiyah Ibnu Malik). Ketiga, mampu melakukan wawancara berbahasa Arab.

Hanif yang dulu mengambil jurusan bahasa di MA Tajul Ulum, dengan ketekunan dan kegigihannya ia pun berhasil mendapatkan besiswa dari LIPIA tersebut. Namun, kuliah yang semestinya hanya empat tahun, harus ia ikuti selama tujuh tahun ketika ingin mendapatkan gelar S-1 di Arab Saudi.  Karena kuliah di LIPIA terbagi menjadi 3 jenjang. Pertama, persiapan bahasa selama 2 tahun (i’dad lughowi), taklimi 1 tahun, dan baru masuk Syari’ah 4 tahun.  Selain itu, Hanif juga kuliah S.1 di Sekolah Tinggi al Qodwah Depok Fakultas Syari’ah Jurusan Mu’amalah.

Di samping menamatkan S-2 di Institut Ilmu Al Qur’an (IIQ), Hanif juga aktif di lembaga yang bergerak dalam bidang fiqih dan ushul fiqih yaitu Rumah Fiqih Indonesia. Di rumah fiqih ini banyak kegiatan yang dijalaninya diantaranya mengisi kajian di kantor-kantor, konsultan di Rumah Fiqih Indonesia, membuat video tentang hukum fiqih dan menulis.


Hanif juga sudah banyak menulis  berbagai karya tulis yang diantaranya mengkaji mengenai hzukum fiqih dan hadits. Ada 52 judul tulisan yang sudah ditulisnya diantaranya : Takhrij, Memahami Persoalan Itu Setengah dari Jawaban, Metologi Kritik Hadits dan masih banyak lagi  yang dapat sobat lihat di www.rumahfiqih.com/hanif.

Hanif yang lahir di Grobogan, ahad, 18 januari 1987 ini bisa disapa melalui e-mail: lutfhi_lana@yahoo.com atau  Hp  0856-4141-4687. Ia yang kini tinggal di Jakarta dan pulang kampung tiap bulannya ini, dalam mendapatkan semua hal tadi tidak serta merta semudah seperti membalikan telapak tangan. Hanif melalui hari-harinya dengan belajar, belajar dan belajar.

Hanif bisa seperti itu karena ia selalu rajin dan istiqomah dalam belajar serta mendapatkan restu orang tua dan kyainya.  Ketika sekolah pun Hanif semangat dalam aktifitas KBM (kegiatan belajar mengajar). Karena Hanif percaya sekolah itu modal awal untuk sukses di hari besok.

''Ketika sudah sukses ataupun belum sukses jangan lupakan kyainya. Karena, ia adalah orang tua kedua bagi kita.'', pesan Hanif Lutfhi, Lc. kepada kita semua. 

Itulah profil singkat alumni  MA Tajul Ulum yang patut kita contoh kedisiplinan, kegigihan, dan jiwa pantang menyerah nya.

Reporter : Ilham Fadloli


Biodata Lengkap :
Nama              : Hanif Luthfi, Lc. bin K. Muthohar
T/Tgl Lahir    : Grobogan, 18 Januari 1987
Hp                   : 085641414687
Website          : www.rumahfiqih.com/hanif
Email               : luthfi_lana@yahoo.com
Alamat            : Tanggung Tanggungharjo Grobogan 58166 Jawa Tengah       
Pendidikan     :
MA Tajul Ulum Brabo Tanggungharjo
S-1Universitas Al Imam Muhammad bin Saud Riyadh Saudi Arabi Cabang Jakarta
Fakultas Syariah Jurusan Perbandingan Mazhab
S-1 Sekolah Tinggi Al Qodwah Depok Fakultas Syari’ah Jurusan Mu’amalah
S-2 Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta Konsentrasi Ilmu Syari’ah


Bintang alumni ini dimuat pada Majalah Kristal edisi 12 tahun 2017

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.