Di mana Rasa Percaya Dirimu?



Percaya diri (Self Confidence) adalah sikap optimis dan percaya pada kemampuan dan penilaian (judgement) diri sendiri dalam melakukan tugas dan memilih pendekatan yang efektif. Hal ini termasuk kepercayaan atas kemampuan dirinya dalam menghadapi lingkungan yang semakin menantang, juga kepercayaan dalam mengambil keputusan dan menyampaikan pendapat. Sedangkan percayaan diri adalah sikap positif seorang individu untuk mengembangkan penilaian positif, baik terhadap diri sendiri maupun terhadap lingkungan atau situasi yang dihadapinya. Hal ini bukan berarti individu tersebut mampu dan kompeten melakukan segala sesuatu seorang diri. 

Rasa percaya diri yang tinggi sebenarnya hanya merujuk kepada adanya beberapa aspek dari kehidupan individu tersebut, seperti rasa memiliki kompetensi, yakin, mampu dan percaya bahwa dia bisa karena didukung oleh pengalaman, potensi aktual, prestasi serta harapan yang realistis terhadap diri sendiri.

Berdasarkan itu semua, kita juga bisa membuat semacam kesimpulan bahwa percaya diri adalah efek dari sikap kita yang mampu merasa, meyakini, dan mengetahui. Orang yang punya rasa percaya diri yang rendah atau kehilangan kepercayaan diri, biasanya memiliki perasaan negatif terhadap dirinya, memiliki keyakinan lemah terhadap kemampuan dirinya dan pengetahuan yang kurang akurat terhadap kapasitas yang dimilikinya.

Berbagai studi dan pengalaman telah menjelaskan bahwa kepercayaan diri seseorang terkait dengan dua hal yang paling mendasar dalam praktek hidup kita. Pertama, kepercayaan diri terkait dengan bagaimana seseorang memperjuangkan keinginannya untuk meraih sesuatu (prestasi atau performansi). Kedua, kepercayaan diri terkait dengan kemampuan seseorang dalam menghadapi masalah yang menghambat perjuangannya. Orang yang kepercayaan dirinya bagus akan cenderung berkesimpulan bahwa dirinya “lebih besar” dari masalahnya. Sebaliknya, orang yang punya kepercayaan diri rendah akan cenderung berkesimpulan bahwa masalahnya jauh lebih besar dari dirinya.

Penulis : Bapak Sujadhi, S.Pd.
Wali Kelas XI IPA A dan Pengampu Mapel Bahasa Indonesia.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.