Kesungguhan dan Cita-Cita


         
Foto : Peringatan Milad NU ke 95 

Impian adalah hal yang ingin di capai setiap orang. Dengan impian seseorang tentunya akan lebih bergairah dan bersemangat menjalani kehidupan. Intinya, impian merupakan hal penting yang harus dimiliki setiap orang.

Impian dapat menentukan keberhasilan seseorang karena senantiasa menjadi sumber motivasi yang akan menggerakan tubuh dan mengatur strategi untuk menggapai tujuan yang diimpikan. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Angan-angan adalah rahmat untuk umatku, andai tiada angan-angan tidak akan ada ibu yang menyusui anaknya dan tidak ada yang mau menanam pohon.” 

Subhanallah.

Impian tidak mungkin tercapai tanpa adanya usaha. Begitu pula usaha tidak akan terlaksana tanpa disertai niat dan kesungguhan menjalaninya. Niat dan kesungguhan yang kuat dapat mendorong seseorang untuk melakukan hal-hal yang di anggap mustahil. Semakin besar niat dan kesungguhan seseorang, maka akan semakin besar pula hasil yang diperolehnya.

Meskipun demikian, kita harus tetap waspada. Impian, jika terlalu berlebihan hanya akan menumbuhkan angan-angan belaka tanpa disertai usaha untuk mewujutkannya. Ketika kita terjebak di dalamnya kita hanya akan membuang waktu yang kita miliki. Inilah yang harus kita hindari.

Syaikh Az-Zarnuji dalam kitab Taklim Mutaalim-nya menganjurkan kepada kita sebagai pelajar untuk selalu mempunyai semangat dan cita-cita yang tinggi dalam belajar. Sebab, dengannya kita akan terus terpacu untuk belajar. Jangan sampai kita merasa malu dan menunda-nunda dalam belajar, karena hal tersebut pada akhirnya akan membuat kita menyesal dan menghalangi terwujutnya cita-cita yang kita impikan.

Sebagai pelajar muslim sejati, hendaknya kita bangkitkan himmah semangat kita setiap saat. Mari kita luruskan niat dalam belajar dengan kesungguhan dan cita-cita yang tinggi, kita jadikan bangsa ini lebih maju lagi.

Penulis : Wahyu Febri Setiawan

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.