Membaca Perspektif Zaman Now




Zaman now adalah sebutan yang dibuat oleh  anak muda untuk menyebut keadaan zaman ini. Zaman now juga diartikan sebagai zaman sekarang yang berasal dari 2 kata yaitu zaman (bahasa Indonesia) yang berarti masa dan now (bahasa Inggris) yang berarti sekarang.

Banyak istilah yang dibuat untuk zaman sekarang. Seperti, kata “Kids zaman now” dan ada juga kata - kata yang mengimbuhkan yang lainnya. Seperti, “Santri zaman now kudu iso ngaji”. Meskipun istilah itu baru muncul. Namun sudah memberikan banyak perubahan. Kenapa hal itu bisa terjadi? Karena zaman sekarang adalah zaman modern, zaman milenium, zaman dimana menuntut setiap orang untuk mengikuti  perkembangan zaman.

Kita sebagai pelajar harus bisa mengikuti perubahan zaman. Tetapi, juga harus bisa mengatur waktu dengan baik. Dikarenakan apabila kita tidak bisa mengatur waktu dengan baik, seorang pelajar (terutama) akan terjerumus kepada penggunaan  teknologi yang merugikan. Bahkan, seorang pelajar juga akan menjadi malas dalam belajar. Sudah banyak perubahan yang telah terjadi pada zaman ini seperti banyaknya para pelajar yang sibuk bermain dengan gadgetnya daripada memerhatikan pelajarannya.  

Memang pada zaman sekarang ini banyak terdapat manfaat yang dapat kita rasakan seperti kecanggihan teknologi, kemudahan dalam berkomunikasi dan lain sebagainya. Namun, dibalik pesatnya perkembangan teknologi informatika, ternyata juga terselip madharat yang tanpa kita sadari keberadaannya. Tetapi ketika kita telisik pelajar sekarang ternyata masih minim dalam memanfaatkan teknologi sebagaimana mestinya.  Jadi, kita sebagai pelajar harus pintar-pintar dalam memanfaatkan kelebihan yang ada pada zaman sekarang. Jangan sampai kita diperbudak oleh teknologi yang menjelma menjadi sebuah kesenangan duniawi.

Karena perkembangan teknologi zaman sekarang sudah berkembang sebegitu pesatnya, Pelajar muslim terutama harus bijak dalam menaggapi perkembangan zaman yang akan terus berkembang mengikuti alur modernisasi zaman. Memanfaatkan  perkembangan teknologi dengan sewajarnya dan mengambil sisi positif dari zaman adalah hal  yang seharusnya kita lakukan. Sehingga, kita bisa dengan mudah belajar dan meninggalkan madharat yang ada. Pelajar muslim yang baik  adalah pelajar yang berdedikasi tinggi dengan mengikuti laju perkembangan zaman yang semakin canggih ini dengan bijaksana.


Penulis :
Hanif Fatkhu Nizam
Ketua PK IPNU MATU 2017/2018

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.