Tajul Ulum Ikuti Rukyah Hilal


Kendal, Kristal Media - (15/05/18) Tujuh siswa MA Tajul Ulum Brabo yang tergabung dalam Tim Rukyah IPNU mengikuti serangkain Rukyatul Hilal yang diselenggarakan Kementrian Agama Jawa Tengah di Pelabuhan Kendal.

Kegiatan tahunan ini diikuti oleh berbagai instansi pemerintahan, ormas, dan lembaga pendidikan. Tampak hadir Drs. H. Farhani, S.H., M.M Kepala Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Drs. H. Saerozi, M.S.I Kepala Kemenag Kabupaten Kendal, Drs. KH. Selamet Hambali, M.S.I Wakil Ketua Tim Hisab Rukyah Provinsi Jawa Tengah, dan beberapa pejabat lainya. Awalnya kegiatan ini akan diadakan di Menara Al Husna Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) akan tetapi dengan mendadak dialihkan ke Pelabuhan Kendal. Hal ini dilakukan bersamaan MAJT sedang ada gawe dugderan jelang Ramadhan 1439 H. 


Kepala Kemenag Jawa Tengah, Drs. H. Farhani, S.H, M.M dalam sambutannya, menyampaikan bahwa kegiatan rukyah harus dilakukan meski terhalang dengan adanya kabut, mendung, ataupun asap. Walaupun tidak terlihat, ini sudah menggugurkan kewajiban kita. Karena ini bagian penentuan awal bulan Ramadhan. 



Selain itu, kegiatan ini memberikan pengalaman baru bagi kader IPNU MA Tajul Ulum, karena hal ini baru pertama kali MA Tajul Ulum ikut terlibat dalam proses observasi rukyatul hilal. "Setidaknya kita pernah pegang dan mengoperasikan alat teropong ini.", celetuk Subhan Fauzi salah satu Tim Rukyah IPNU MATU. (Red)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.