Doa Berpakaian



Setiap dari kita pasti pernah melakukan kesalahan atau pun dosa. Salah dan dosa karena lalai akan kewajiban kita sebagai hamba Allah Ta'ala, juga salah dan dosa dengan sesama makhluk. Meskipun begitu, Allah Ta'ala selalu memberikan kesempatan kepada hamba-Nya untuk memperbaiki kesalahan dan mengampuni dosa hamba-hamba-Nya. Seperti yang tersebut dalam kitab Sunan Abi Dawud berikut ini;

مَنْ لَبِسَ ثَوْبًا فَقَالَ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي كَسَانِي هَذَا الثَّوْبَ وَرَزَقَنِيهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّي وَلَا قُوَّةٍ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَا تَأَخَّرَ (سنن أبي داود 4023)

“Barangsiapa ketika memakai pakaian kemudian berdoa;

الْحَمْدُ لِلَّه الَّذِي كَسَانِي هَذَا الثَّوْبَ وَرَزَقَنِيهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّي وَلَا قُوَّةٍ

Segala puji bagi Allah yang memberi pakaian ini kepadaku sebagai rizki dari Nya tanpa ada daya dan kekuatan dariku, niscaya diampuni dosanya oleh Allah Ta'ala, baik yang lampau maupun yang belum (Sunan Abi Dawud 4023).

Dari aktifitas kita sehari hari, yaitu memakai baju, sarung, celana, penutup kepala dan pakaian yang lain  bisa menjadi wasilah atau perantara terhapusnya dosa dosa kita. Dosa yang telah lampau maupun yang sekarang.

Pakaian adalah kebutuan pokok manusia, selain makanan dan tempat berteduh/tempat tinggal (rumah), manusia membutuhkan pakaian untuk berlindung dan menutup dirinya. Namun seiring dengan perkembangan kehidupan manusia pakaian juga digunakan sebagai simbul status jabatan, ataupun kedudukan seseorang yang memakainya.

Setiap muslim diwajibkan untuk memakai pakaian, yang tidak hanya berfungsi sebagai menutup aurat dan hiasan, akan tetapi harus dapat menjaga kesehatan lapisan terluar dari tubuh kita. Kulit berfungsi sebagai pelindung dari kerusakan-kerusakan fisik karena gesekan, penyinaran kuman-kuman, panas zat kimia dan lain-lain. Di daerah tropis dimana pancaran sinar ultra violet begitu kuat, maka pakaian ini menjadi sangat penting. Pancaran radiasi sinar ultra violet akan dapat menimbulkan terbakarnya kulit, penyakit kanker kulit dan lain-lain.

Dalam kaitannya dengan penggunaan bahan, hendaknya pakaian terbuat dari bahan yang dapat menyerap keringat seperti katun, karena memudahkan terjadinya penguapan keringat, dan untuk menjaga suhu kestabilan tubuh agar tetap normal. Pakaian harus bersih dan secara rutin dicuci setelah di pakai supaya terbebas dari kuman, bakteri, ataupun semua unsur yang merugikan bagi kesehatan tubuh manusia.

Untuk itu, mari kita biasakan membaca doa ketika memakai baju, celana, peci, sarung dan lain-lain. agar dosa kita selalu di ampuni  Allah Ta'ala.  dan jangan lupa selalu pakai baju yang baik sesuai dengan aturan yang berlaku, apalagi bagi siswa siswa Madrasah Aliyah Tajul Ulum Banin yang sudah ada ketentuannya sendiri.

Wallahu a'lam bishshawwab


Kolom doa ini terbit berkala dan diasuh oleh Bp. K. H. Zainal Arifin, S.Pd.I

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.