Pentingnya Ridlo Guru

Sumber gambar : Sirojuth Tholibin Brabo


Akhir-akhir ini mulai bermunculan pelbagai fenomena yang memprihatinkan di pelbagai lembaga pendidikan, yakni di mana posisi ridho guru yang sangat penting dan sepatutnya dicari serta diraih oleh siswa kini perlahan mulai terabaikan. Padahal, guna memperoleh ilmu yang bermanfaat dan berkah diperlukan hadirnya ridho guru pada diri siswa yang sedang menjajaki jenjang pendidikan. Lantas apa “Ridho guru” itu sebenarnya?

Menurut Bapak H. Hanif Maemun, Lc, ridho guru adalah kerelaan hati ataupun ke-lego-an hati dari seorang guru terhadap muridnya. Dia juga menjelaskan, hubungan antara ridho guru dengan siswa itu sangatlah penting dalam proses belajar siswa. Ilmu akan cepat sampai kepada siswa bilamana siswa mempunyai allaqoh atau hubungan yang baik terhadap guru, yaitu membuat hati maupun perasaan guru menjadi senang.

Hal senada juga dituturkan Kyai Haji Abdurrahman, S.Pd.I, ketua Yayasan Tajul Ulum. Beiau menuturkan bahwasanya siswa wajib mendapatkan ridho guru dalam semua aspek, baik dalam belajar maupun tingkah laku siswa, karena ridho guru merupakan syarat mutlak begi seorang siswa untuk memperoleh kesuksesan. Koordinator BK MA Tajul Ulum, Bapak Kyai Ali Mas'udi, M.S.I menambahkan, Pengibaratan seorang siswa bilamana tak mendapatkan ridho guru itu sama posisinya seperti anak yang tidak mendapatakan ridho dari orang tua. Jadi, sangatlah penting adanya ridho guru bagi para siswa.

Dampak Ridho Guru

Pelbagai manfaat dapat diperoleh sebab adanya ridho guru, yakni ridho guru sangat berpengaruh bagi siswa dalam proses belajar maupun masa depan siswa. Dalam proses belajar, ridho guru itu menentukan hasil belajar siswa, yaitu dalam kemanfaatan maupun keberkahan ilmu yang siswa peroleh dari guru. Hal ini sesuai dengan penjelasan Bapak Hanif Maemun. Dia menjelaskan bahwa ridho guru merupakan kunci kemanfaatan suatu ilmu. ”Ilmu manfaat utowo berkah mergo oleh ridho dari guru,” tandasnya.

Menurut keterangan Bapak Ali Mas'udi, jika siswa berupaya meraih ridho guru dan guru memberikan ridhonya, maka akan menciptakan suasana batin yang bahagia berupa kepuasan batiniyah. Kemudian juga akan memperoleh ketentraman jiwa dan kesehatan rohani yang akan mengantarkan kepada suatu kenikmatan. Siswa pun akan terdorong untuk berfikir positif dan husnudzon serta beramal saleh.
Dengan demikian, lambat laun siswa akan bisa memahami bahwa apa yang diperintahkan gurunya adalah baik. Kemudian mengenai masa depan siswa, dalam kehidupan siswa nantinya ridho guru sangat menentukan seperti apa kehidupan siswa tersebut. “Ridho guru itu sangat berpengaruh bagi kesuksesan siswa di masa depan,” ungkap Bapak Kyai Abdurrahman saat diwawancarai oleh redaksi Kristal tentang pengaruh ridho guru bagi masa depan siswa.

Teringat dawuh Sayyid Muhammad bin Alwy Al Maliky Al Hasany, “Melekatnya ilmu dapat diperoleh dengan mudzakaroh atau banyak mengulang-mengulang, barakahnya dapat dirasakan sebab khidmah (mengabdi), dan manfaatnya didapat atas restu guru.” (Redaksi)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.