Ridho guru adalah kunci kesuksesan



1.    Menurut bapak apa makna “Ridho Guru” itu sendiri?
Ridho guru itu “lilo,” artinya seseorang guru itu merasa rela, senang ketika seseorang siswa  itu melakukan tindakan atau sikap totalitas seorang siswa untuk melakukan segala aktivitasnya yang diizini dan disenangi seorang guru.

2.    Bagaimana hubungan antara ridho guru dengan siswa?
Siswa wajib mendapatkan ridho guru dalam semua aspek. Baik dalam belajar maupun dalam kegiatan yang lain. Karena ridho guru merupakan syarat mutlak bagi seorang siswa untuk mendapatkan kesuksesan.

3.    Kemudian bagaimana dampaknya ridho guru bagi siswa pada saat ini dan di kemudian hari?
Dampak ridho guru untuk saat ini itu menentukan hasil belajar siswa, gambarannya, bila seorang siswa ditransfer ilmu oleh seorang guru dan guru tidak ridho dengan model siswa tersebut, maka akan membuat ilmu yang diterima oleh siswa tidak maksimal. Dan ridho guru juga sangat bepengaruh bagi kesuksesan siswa di masa depan.

4.    Apa dampak bagi seorang siswa yang tidak mendapatkan ridho guru?
Tidak akan membuat siswa dengan ilmu yang ia terima dari guru, serta tidak dapat mengambil manfaat atau hasil positif dari ilmu gurunya yang ia terima.

5.    Bagaimana sikap siswa masa kini dalam usaha meraih ridho guru?
Melihat dari berita-berita yang ada, di luar sana siswa telah mengalami penurunan dalam hal sopan santun terhadap guru dan itu menunjukan kecilnya usaha siswa untuk mendapatkan ridho guru. Namun, melihat siswa di kalangan madrasah ini sopan santun siswa masih terkendali. Karena, masih dalam lingkup pesantren. Walaupun ada sebagian kecil siswa kurang sopan terhadap guru.

6.    Sebaiknya bagaimana sikap siswa untuk memperoleh ridho guru?
Siswa  harus bisa berakhlakul karimah serta bertanggung jawab sebagai seorang siswa. Seperti menjalankan kewajiban terhadap guru.

7.    Terakhir, apa pesan bapak kepada siswa MA Tajul Ulum Banin agar senantiasa mendapatkan ridho guru?
       Belajarlah dengan menggunakan akhlak ta'lim muta'alim, segala sesuatu yang ada di dalam kitab ta'lim muta'alim seringlah dibaca dan amalkanlah, karena itu adalah akhlak siswa terhadap guru.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.