Pertama Kali, MA Tajul Ulum Selenggarakan Pemilu Siswa Online

Kandidat Ketua Organisasi


Kreatifitas siswa-siswa MA Tajul Ulum Brabo Tanggungharjo Grobogan patut untuk diapresiasi. Untuk pertama kalinya mereka melaksanakan pemilihan ketua organisasi secara online, Kamis (16/8).

Melalui Kopiko (Komisi Pemilihan Ketua Organisasi) sebagai panitia pelaksana, menyelenggarakan pemilihan empat ketua organisasi, yaitu OSIS, IPNU, Pramuka dan PMR.

Pemungutan suara online
Dimas Setya Prayoga, selaku ketua panitia menjelaskan, sebagai inovasi dan pemanfatan teknologi informasi, pemilihan kali ini tidak lagi memakai kertas suara dengan mencoblos foto calon, tetapi memakai google form. "Kami mencoba berinovasi dengan memanfaatkan aplikasi yang dimiliki google", jelas siswa kelas XII IAI tersebut.

Pemilih terdiri dari 520 siswa dan 40 guru/karyawan. Karena sesuai peraturan madrasah siswa dilarang membawa handphone di sekolah, panitia telah menyediakan bilik suara yang dilengkapi dengan smartphone.

Pemilihan dilakukan bergiliran sesuai kelas, dimulai dari kelas X, XI kemudian kelas XII. Sedangkan guru dan karyawan memilih dengan smartphone masing-masing, setelah sebelumnya dibagikan link aplikasi oleh panitia.

Pemilihan ketua dengan sistem online ini bisa menghemat biaya dan waktu pelaksanaan. "Juga lebih mengakrabkan siswa dengan pemanfaatan teknologi untuk kegiatan positif," jelas Bapak S. Ali Wafa, S.Pd., Waka Kesiswaan MA Tajul Ulum.

Pangkalan data
Bapak H. A. Mohdlori, S. Ag., M.S.I, Kepala Madrasah, sangat mengapresiasi ide dan kinerja para siswa, serta berpesan agar menjadikan pemilihan ini sebagai pelajaran berdemokrasi serta pemimpin terpilih kedepannya bisa meningkatkan kinerja dan prestasi madrasah. "Harapannya, pemimpin terpilih nanti, mampu membuat MA Tajul Ulum lebih berprestasi lagi." ungkap beliau.

Pemungutan suara dimulai Pkl. 10:30 WIB sampai Pkl. 12:30 WIB. Sebelumnya dilaksanakan Adu Visi-Misi Kandidat yang diikuti oleh tiga kandidat di masing-masing organisasi. Hadir sebagai panelis Bapak K. Ali Masudi, S.Pd.I, M.S.I., Bapak M. Fikri Nadhif, S.Pd. dan Bapak Ahmad Fahmi Ashshidiq, S.Pd. (FHM).

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.