Kristal Adakan Studi Banding ke Amanat


Foto bersama kru Kristal dan Amanat
Kajen, kristalmedia.net - Untuk menjalin silaturrahim dan menambah pengetahuan tentang pengelolaan media jurnalistik siswa, Kamis (29/11) 28 Kru redaksi Kristal beserta tiga guru pendamping mengunjungi Perguruan Islam Mathali’ul Falah (PIM). Lembaga yang sudah memasuki usia satu abad lebih tersebut memiliki sebuah media jurnalistik siswa yang juga sudah cukup matang, buletin berkala Amanat.

PIM terletak di desa Kajen, kecamatan Margoyoso, kabupaten Pati, Jawa Tengah. Tepatnya di daerah Kulon Banon, sebelah barat makam KH. Ahmad Mutamakkin. Perguruan ini didirikan oleh KH. Abdussalam pada tahun 1912. Dilansir dari website resmi PIM, pim.sch.id, tujuan PIM adalah mendidik dan mempersiapkan kader-kader bangsa sebagai insan yang memahami agama secara mendalam (tafaqquh fi al-din) baik secara teori maupun praktek, sehingga bisa berperan aktif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara (sholih) dalam semangat ketuhanan yang luhur dan terpuji sebagaimana dicontohkan oleh baginda Nabi Muhammad SAW (akrom). Tujuan inilah yang sampai sekarang dijadikan sebagai pijakan dan visi utama dari penyelenggaraan pendidikan di Perguruan Islam Mathali’ul Falah (PIM).

KH Mulin Ni’am Mu’adz, S.Psi., Pembantu Direktur III bidang kesiswaan sangat berterima kasih sekali atas kunjungan redaksi Kristal MA Tajul Ulum di PIM. Beliau juga mengungkapkan, meskipun antara Kristal dan Amanat terpaut jauh dalam hal usia, Amanat masih perlu banyak belajar tentang kejurnalistikan, karena setiap tahun berganti kru redaksi.

“Meski secara usia lebih tua Amanat, kami juga berharap mendapat tambahan ilmu dari studi banding ini,” ujar beliau.

Alasan dipilihnya Amanat dan PIM sebagai tempat studi banding karena, PIM merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam tertua yang ada di Indonesia, yang dikelola dan diajar oleh para Romo Kiyai. Begitu juga Amanat, yang di tahun ini sudah memasuki usia 33 tahun, tentu memiliki banyak pengalaman pengelolaan media siswa.

“Kami memilih Amanat karena lebih tua secara usia, juga ingin ngalap barokah kepada para Romo Kyai di sini,” ujar Bapak Ahmad Said, S.Pd.I, Staff Kesiswaan MA Tajul Ulum.

Buletin Amanat merupakan salah satu media siswa yang dikelola oleh Himpunan Siswa Mathali’ul Falah (HSM) di bawah Seksi Komunikasi dan Informasi (Kominfo) HSM. Bermula dari banyaknya animo siswa dalam mengisi Mading Gema HSM, akhirnya pada tahun 1985 buletin Amanat terbit untuk pertama kalinya. Meskipun namanya Buletin, tetapi secara tampilan, jumlah halaman dan rubrikasi Amanat sangat pantas untuk disebut sebagai majalah.

Selain mengelola buletin Amanat, Kominfo HSM juga mengelola MiniMagz (MM), Mading Embrio dan bertanggung jawab atas konten media sosial HSM.

Muhammad Anggi Nurafianto, Pimred Buletin Amanat sangat senang mendapat kunjungan dari Kristal, selain menjalin silaturahim juga bisa belajar jurnalistik bersama. “Kami berharap ada relasi berkelanjutan dari pertemuan ini,” ujarnya.

Studi banding selesai dan ditutup dengan sesi foto bersama serta pemberian kenangkenangan. Setelah itu dilanjutkan dengan berziarah ke makam Syaikh Ahmad Mutamakin dan berwisata ke pantai pasir putih Wates Rembang. (FHM/Kristal)


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.