PMR Wira Kunjungi Markas PMI Jateng



Semrang, kristalmedia.net ­ Jumat pagi (01/02) PMR Wira MA Tajul Ulum Brabo melakukan kunjungan ke PMI Jawa Tengah yang berlokasi di Arum Sari Sambiroto Kedungmundu, Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50276. Kunjungan ini diikuti oleh 29 siswa dan 4 pendamping.

Acara ini selalu dilakukan tiap tahunnya untuk menambah pengalaman dan keilmuan siswa yang tergabung dalam organisasi PMR. Dalam sambutanya, Bapak Syaefudin, S.Si selaku Waka Kurikulum mengharap dengan adanya kunjungan ini, siswa dapat memperoleh ilmu sebayak-banyaknya untuk diterapkan nantinya. "Selain itu, jalinan ini semoga tetap berlanjut sampai generasi-generasi berikutnya", imbuhnya.

Sedangkan, sambutan dari PMI Jawa Tengah diwakili oleh Bapak Dwi Handoko, Kasi Penanganan Masyarakat. Beliau menyampaikan banyak hal mengenai perbedaan tugas tanggungjawab PMI provinsi dengan PMI yang berada di kota atau kabupaten. PMI Provinsi tidak bisa memberikan pembinaan PMR yang ada di wilayah kota atau kabupaten tertentu secara langsung, karena pembinaan tersebut adalah wilayah tanggungjawab PMI kota / kabupaten. "Termasuk, kunjungan yang dilakulan oleh PMR MA Tajul Ulum ini, kami tidak bisa menerima langsung sebelum mendapatkan tebusan dari PMI Kabupaten Grobogan", jelas beliau.


Setelah acara ramah tamah, siswa diberi materi secara singkat tentang sejarah lahirnya PMI Jawa Tengah dan materi cara penanganan serta pertolongan pertama terhadap korban bencana. Usai materi, peserta diajak berkeliling melihat berbagai fasilitas layanan yang ada, meliputi gedung markas, UDD, gudang logistic bencana, ruang diklat, dan ruang posko. Di ruang posko siswa dapat ikut mengamati tampilan beberapa layar cctv yang tersebar di daerah rawan bencana di Jawa Tengah.


Bertukar cinderamata dan foto bersama menjadi penutup rangkaian acara. Meski awalnya direncakanan akan dilakukan outbound, karena adanya miskomukasi  akhirnya agenda ini diurungkan. (as)


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.