Hasil PKO MATU 2023: Roychan Ketua OSIS dan Alvin Ketua IPNU

Brabo, kristalmedia.net – Pemilihan Ketua Organisasi (PKO) 2023 telah selesai dilaksanakan pada hari Senin, (14/8). Setelah pemungutan suara, Komisi Pemilihan Ketua Organisasi (KOPIKO) langsung melakukan penghitungan suara. Hasilnya, M. Roychan Maulana Shofa (XI IA 1) terpilih sebagai ketua OSIS MATU periode 2023/2024 dan Alvin Miftachul Amri (XI IPA 1) terpilih sebagai ketua IPNU MATU periode 2023/2024.

M. Akrom Falah, selaku Ketua KOPIKO, mengatakan bahwa Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilihan Ketua Organisasi (PKO) tahun ini adalah 628 pemilih, dengan rincian 596 siswa dan 32 guru dan pegawai. KOPIKO menyediakan empat bilik pemilihan dan dua kotak suara, untuk OSIS dan IPNU. Pemilihan dilakukan secara bergilir, dimulai dari kelas X, kemudian XI dan XII, diakhiri oleh bapak/ibu guru dan pegawai MATU.


Dalam rekapitulasi suara, Pemilihan Ketua OSIS dimenangkan oleh calon nomor urut 1 (M. Roychan Maulana Shofa) dengan total suara 201 pemilih, diikuti calon nomor urut 3 (Nabil Praditya) dengan total suara 173 pemilih dan nomor urut 2 (Muhammad Abimanyu) di urutan ketiga dengan total suara 158 pemilih. Total suara sah dari kotak suara OSIS adalah 532 suara, dengan 30 surat suara rusak dan 66 pemilih yang abstain.


Sedangkan rekapitulasi pemilihan ketua IPNU, calon nomor urut 1 (Alvin Miftachul Amri) unggul dengan total suara 212 pemilih. Diikuti calon nomor urut 2 dan 3 yang keduanya selisih satu suara, yaitu 158 dan 157. Suara sah dari kotak suara IPNU adalah 527, dengan 35 surat suara tidak sah dan 66 pemilih yang abstain.


Berita Acara PKO. Doc. Kristal

Pemilihan Ketua Organisasi (PKO) tahun ini hanya memilih Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan Ketua Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU). Hal ini berbeda dengan tahun lalu, selain memilih ketua OSIS dan IPNU, juga memilih ketua Palang Merah Remaja (PMR) dan Bantara (Pramuka).

Adanya perubahan ini karena menyesuaikan struktur dan fungsi organisasi intra sekolah, dan menjadikan OSIS dan IPNU sebagai rumah besar organisasi siswa. "Kita lakukan penyesuaian organisasi intra siswa, yaitu OSIS dan IPNU. Untuk PMR dan Bantara nanti di bawah koordinasi OSIS," jelas Bapak Tofikhul Hidayat, S.Pd., selaku Waka Kesiswaan.


Selanjutnya, ketua terpilih akan melengkapi struktur kepengurusan dan membuat rencana program kerja. Keduanya beserta anggota pengurus rencananya akan dilantik langsung oleh Kepala Madrasah, Bp. Ahmad Mohdlori, S.Ag., M.S.I. pada hari Senin, 28 Agustus 2023, bersamaan dengan upacara bendera. (FHM)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.