Berharap Berkah di Majlis Sima’atul Qur’an Alumni Huffadz


Para Masyayikh dalam Majlis Sima'atul Qur'an Alumni. Doc. IG: sirojuth_tholibin_brabo


Brabo, kristalmedia.net Ada banyak kegiatan dalam agenda Khotmil Qur’an ke-34 dan Peringatan Haul ke-35 KH Syamsuri Dahlan yang diselenggarakan di Ponpes Siriojuth Tholibin (Sirbin), Brabo. Di antaranya yaitu Sima’atul Qur’an Alumni Huffadz (Putra dan Putri) Ponpes Sirbin, yang diselenggarakan pada hari Kamis (7/9/2023).

Acara Sima’atul Qur’an alumni putra dilaksanakan di Masjid Al Muhajirin dan Gedung MTs Banat Tajul Ulum. Sima’atul Qur’an dibagi menjadi 5 majlis sesuai dengan urutan surat, yaitu Majlis I mulai QS. Al Baqarah sampai QS. Al Maidah. Majlis II : QS. Al An’am sampai QS. Hud. Majlis III : QS. Yusuf sampai QS. Al Mu’minun. Majlis IV : QS. An Nur sampai Qs. Al Mu’min dan Majlis V : QS. Fushshilat sampai QS. Annas.

Para alumni Huffadz putra mengikuti sima’atul Qur’an sesuai pembagian majlis yang telah ditentukan oleh panitia. Khusus untuk majlis V diisi oleh para masyayikh, di antaranya KH. Maesur Zuhri, KH. Asrori Latif (Jragung), KH. M. Dhofir Syafi’i (Pengasuh Ponpes Attaufiiqiyyah), K. Rohwan (Pengasuh Ponpes As Syafi’iyyah), KH. Ahmad Labib (Pengasuh Ponpes Annashriyyah), dan masyayikh lainnya.

Sima’atul Qur’an alumni putra dimulai setelah shalat Ashar sampai Pukul 23.00 WIB. Acara dibuka dengan pembacaan doa iftitah oleh KH. Maesur Zuhri dan ditutup oleh KH. Asrori Latif.

Sedangkan Sima’an alumni putri dilaksanakan di komplek Joglo Al Raudhah dengan tiga majlis. Dimulai pada hari Kamis (7/9/23) setelah shalat Dhuhur sampai hari Jum’at (8/9/23) siang.

Para alumni sangat antusias, karena bisa bertemu dan berkumpul dengan teman lama dan para masyayikh. Selain itu, juga mengaharap barakah (tabarrukan) dari Khotmil Qur’an dan hurmat Haul Simbah Kyai Syamsuri Dahlan. Mereka berbondong-bondong datang dari derah masing-masing dan ada beberapa alumni yang datang sejak setelah shalat Dhuhur.

“Para alumni sudah ada yang datang sejak setelah shalat Dhuhur dan mereka dari berbagai daerah,” ungkap Wahyu Krisbiantoro, selaku panitia bagian akomodasi.

Tidak hanya alumni, acara Sima’atul Qur’an alumni huffadz putra juga diikuti oleh para santri aktif. Mereka dibagi sesuai mejlis sima’an untuk menjadi penyimak. Para santri sangat antusias dalam mengikuti acara tersebut. Hal itu bisa dilihat dari ramainya santri yang memadati tiap-tiap majlis Sima’an.

“Saya dan teman-teman sangat senang dan antusias dalam mengikuti kegiatan ini, karena cuman ada satu kali dalam setahun,” tutur Taufiq, salah satu santri Ponpes Sirbin.

Acara Sima’atul Qur’an alumni huffadz berjalan dengan penuh khidmah dan maksimal serta tidak ada kendala dalam pelaksanaan acara. Tetapi masih ada beberapa alumni yang tidak bisa hadir karena udzur syar’i yang tidak bisa ditinggalkan, seperti kesibukan dalam perkerjaan.

“Acara sudah berjalan dengan maksimal, tetapi masi ada beberapa alumni yang tidak hadir karena pekerjaan atau wadhifah-wadhifah yang lainnya,” ujar Fikri Fatnani, selaku panitia bagian acara.

Reporter: Fardan Arjab
Editor: Ahmad Fahmi ASD

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.