Haul Brabo; Bentuk Cinta Masyarakat Brabo kepada Mbah Syam

Guru dan Siswa MTs-MA Tajul Ulum ziarah di Maqbarah Mbah Syam. Dok. Kristal

Brabo, kristalmedia.net
Dalam rangka mengenang jasa dan perjuangan Simbah KH Syamsuri Dahlan, Ponpes Sirojuth Tholibin (Sirbin) menyelenggarakan peringatan Haul ke-35 Simbah KH Syamsuri Dahlan, Sabtu (9/9/2023).


Haul Simbah KH. Syamsuri Dahlan atau yang biasa disebut dengan Haul Brabo merupakan agenda yang diperingati satu tahun sekali, tepatnya tanggal 23 Shafar bulan Hijriyyah. Bisa disebut Haul Brabo karena Simbah KH. Syamsuri merupakan salah satu tokoh agama yang dituakan, dihormati dan dicintai masyarakat desa Brabo.


“Mbah Syamsuri itu termasuk sesepuh, yang dituakan, yang disepuhkan,” tutur KH. Moh Imam Ghozali, selaku ketua panitia Haul ke-35 KH. Syamsuri Dahlan.


Tidak hanya itu, beliau juga pandai mengambil simpati warga desa Brabo, sehingga bisa diterima dengan baik oleh masyarakat. Maka dari itu, setiap kali diselenggarakan Haul atau acara yang berkaitan dengan Ponpes Sirbin, masyarakat desa Brabo siap membantu menyukseskan acara tersebut. Sehingga haul beliau dinamai dengan Haul Brabo.


“Karena dahulunya Mbah Syamsuri pandai mengambil hati orang Brabo. Akhirnya kalau ada acara apa, orang Brabo siap menyukseskan acara tersebut,” tutur Pak Ghozali.


Selain Haul, Ponpes Sirbin juga menyelenggarakan prosesi Khotmil Qur’an ke-34. Dan sudah menjadi rutinitas tahunan, Haul dan Khotmil Qur’an adalah satu rangkaian kegiatan yang diselenggarakan di bulan Shafar.


Tahun ini, ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam rangkan Khotmil Qur’an ke34 dan Haul ke-35 Simbah KH. Syamsuri Dahlan. Dimulai dengan Estafet Sima’atul Qur’an oleh Khatimin dan Khatimat pada hari Rabu (6/9/2023). Pada hari Kamis (7/9/2023) diisi dengan agenda ziarah ke makam Simbah KH. Syamsuri Dahlan oleh santri putra dan putri Ponpes Sirbin, dan Sima’an Al Qur’an oleh alumni huffadz Ponpes Sirbin putra dan putri.


Kemudian pada hari Jum’at (8/9/2023) agenda ziarah ke makam Simbah KH. Syamsuri Dahlan oleh warga desa Brabo (Haul Umum). Jum’at malam diadakan prosesi Khatmil Qur’an Khatimin (putra) dan pada Sabtu pagi (9/9/2023) dilaksanakan prosesi Khatmil Qur’an Khatimat (putri). Puncak acara adalah Pengajian Umum yang dilaksanakan setelah prosesi Khatmil Qur’an Khatimat (putri). KH. Abdul Qoyyum Mansur (Pengasuh Ponpes Annur Lasem, Rembang) dan KH. Hadlor Ihsan (Pengasuh Ponpes Al Ishlah, Mangkang Semarang) hadir langsung untuk menyampaikan al mauidhotul hasanah dalam Pengajian Umum.


Serangkaian agenda tersebut, khususnya majlis Sima’atul Qur’an dan Khatmil Qur’an juga dihadiri oleh para masyayikh Ponpes Sirbin, masyayikh desa Brabo dan beberapa masyayikh lainnya dari luar desa Brabo, seperti Habib Muhammad bin Farid Al Muthohhar (Semarang), Habib Faishal Bafaqih (Jragung, Demak), Simbah Kyai Munawir Munajat (Pengasuh Ponpes Nazzalal Furqan, Salatiga), KH. Mc. Ulil Albab Arwani (Pengasuh Ponpes Yanbu’ul Qur’an, Kudus), KH. M. Arifin Fanani (Pengasuh Ponpes MUS-YQ Lil Banin, Kudus), KH. Munfa’at (Pengasuh Ponpes MUS-YQ Lil Banat, Kudus).


Pengajian Umum juga dihadiri oleh tokoh masyarakat, tokoh agama, pejabat pemerintahan, baik tingkat desa, kecamatan maupun kabupaten. Berkesempatan hadir langsung, Bupati Grobogan, Ibu Sri Sumarni, SH. MM dan Kapolres Grobogan, AKBP Dedy Anung Kurniawan.


Reporter: Fardan Arjab
Editor: Ahmad Fahmi ASD

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.