Memperingati Harlah ke-94 LP Ma’arif NU, Yayasan Tajul Ulum Gelar Upacara Bendera

 

Peserta Upacara. Dok: Kristal 

Brabo, kristalmedia.net - Yayasan Tajul Uluim menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-94 LP Ma’arif NU di halaman MTS Banin Tajul Ulum, Rabu (20/9). Acara diikuti oleh seluruh guru, pegawai, dan siswa MTs dan MA Banin Tajul Ulum.


Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (LP Ma’arif NU) merupakan salah satu lembaga otonom di lingkungan organisasi Nahdlatul Ulama (NU) yang didirikan pada 19 September 1929 oleh tiga orang tokoh, yaitu KH. A. Wahid Hasyim, KH. Mahfudz Shiddiq dan KH. Abdullah Ubaid. Didirikannya lembaga ini di NU bertujuan untuk mewujudkan cita-cita pendidikan NU, serta sebagai pelaksana kebijakan-kebijakan pendidikan Nahdlatul Ulama, yang ada di tingkat Pengurus Besar, Pengurus Wilayah, Pengurus Cabang, dan Pengurus Majelis Wakil Cabang.


LP Ma’arif NU memiliki Visi yaitu mengembangkan sistem pendidikan dan terus berupaya mewujudkan pendidikan yang mandiri dan membudayakan (civilitize), LP Ma’arif NU akan menjadi pusat pengembangan pendidikan bagi masyarakat, baik melalui sekolah, madrasah, perguruan tinggi, maupun pendidikan masyarakat. Merepresentasikan perjuangan pendidikan NU yang meliputi seluruh aspeknya, kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Menciptakan komunitas intitusional yang mampu menjadi agent of educational reformation dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan pembangunan masyarakat beradab.


Misi LP Ma’arif NU diantaranya yaitu menciptakan tradisi pendidikan melalui pemberdayaan manajemen pendidikan yang demokratis, efektif dan efisien, baik melalui pendidikan formal maupun non-formal. Menumbuhkan kesadaran akan pentingnya pendidikan, terutama pada masyarakat akar rumput (grass root), sehingga terjalin sinegri antar kelompok masyarakat dalam memajukan tingkat pendidikan. Memperhatikan dengan sungguh-sungguh kualitas tenaga kependidikan, baik kepala sekolah, guru dan tenaga administrasi melalui penyetaraan dan pelatihan serta penempatan yang proporsional, dengan dukungan moral dan material.


Upacara dimulai pada pukul 07.00 sampai 08.10, dengan petugas upacara perwakilan dari siswa MA Banin Tajul Ulum. Adapun tujuan diadakannya upacara ini untuk mengenang jasa para Muasis NU (Pendiri NU) dan membangun rasa semangat belajar para siswa.


Bertindak sebagai pembina upacara adalah Kepala MTs Banin Tajul Ulum, Bapak Drs. Khoirolloh. Beliau menyampaikan amanat dari Ketua LP M’arif NU, bahwa khidmah kita itu melalui wasilah mengharap syafaat dari Nabi Muhammad, dan tak lupa membacakan fatihah kepada para Muasis NU di antaranya Mbah Wahab Hasbulloh, Mbah KH. Hasyim Asy’ari, serta Kyai lainnya; Mbah Syamsuri Dahlan, Mbah Ahmad Baidhowi Syamsuri, Mbah Anshor Syamsuri dan kyai lainnya.


Muhammad Akrom Falah selaku pemimpin upacara berharap, "Semoga LP Ma’arif NU semakin Berjaya dalam mencetak kader bagi nusa dan bangsa".


Reporter: Faza Fauzurrochim dan A. Izzas Shidqi As'adar Rohman
Editor     : Faatih Ni'mal Mazruu'ii

 


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.