Lebih Mengenal Asal-Usul Kota di Indonesia

 

“ Jangan merasa sudah sempurna jadi orang Surabaya, orang Solo, orang Makassar, orang Palembang, orang Manado, jika tak pernah tahu asal usul nama kotanya!”


“Waahh.. , sombong banget ya, mentang-mentang jadi orang Jakarta. Emangnya ente tahu sejarah dan asal muasal nama Jakarta”


“Wah, jangan mengaku sudah keliling Indonesia kalau tidak tahu sejarah, riwayat, dan asal usul kotanya “


Mungkin teman-teman sering mendengar ucapan-ucapan seperti itu. Entah dari orang-orang, dari suatu forum dan acara pameran. Atau mungkin ketika sedang ngobrol bareng di warung kopi.


Terdengar sepele sih, tapi coba dalami dan renungkan kata-kata tersebut. Boleh jadi itu benar. Artinya orang-orang juga perlu tahu tentang sejarah dan asal-usul nama kota kelahirannya. Karena dengan cara ini mereka akan lebih mengenali, mencintai, menghargai dan patut merasa bangga dengan kota kelahiran mereka masing-masing. Meskipun ada sebagian dari mereka yang menikah ataupun merantau dan bermukim di daerah lain.


Guru Sejarah Indonesia di sekolah pernah berkata, “Jasmerah! (Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah).” Mungkin karena tidak semua orang ataupun siswa sekolah tahu dan mengerti sejarah kota yang mereka singgahi.


Nah, buku ini hadir sebagai jawaban dari opini-opini diatas. Buku ini menyajikan fakta-fakta mengenai sejarah dan asal usul dari 97 kota besar di Indonesia. Kota-kota yang ditulis sebagiannya sudah menjadi kota-kota besar, terkenal, berstatus otonom/mandiri dan merupakan ibukota provinsi. Bahkan kota-kota tersebut sudah maju atau lebih dikenal dengan sebutan metropolitan saat ini.


Dari riset pustaka yang penulis lakukan, ada banyak hal menarik terkait sejarah dan asal-usul 97 kota tersebut. Ada nama kota yang berasal dari nama pohon, dari kejadian di zaman kerajaan, dari sebuah peristiwa kecil yang tidak disengaja. Semuanya unik bahkan menggelitik. Yang pasti setiap kota memiliki perjalanan panjang berabad-abad lamanya. Dari mulai penjajahan Portugis hingga Jepang. Kebanyakan kota besar di Indonesia juga menjadi basis penting dalam gerakan perjuangan kemerdekaan republik ini.


Kekurangan dari buku ini yaitu terdapat kata ataupun kalimat yang kurang dimengerti oleh orang awam. Maka kita perlu mencari makna kata ataupun kalimat tersebut dengan bantuan google ataupun referensi yang lain.


Lewat buku ini kita akan memperoleh informasi sejarah secara lebih detail, fokus dan beragam. Tidak hanya riwayatnya saja, sejarah dalam buku ini juga dilengkapi dengan foto-foto klasik. Keadaaan kota-kota tempo dulu yang dapat membangkitkan nostalgia, terutama bagi mereka yang pernah menjalani dan merasakan kehidupan pada puluhan ataupun ratusan tahun silam.


Selamat membaca dan bernostalgia!


Judul Buku : Asal Usul Kota-Kota Di Indonesia Tempo Doeloe
Penulis : Zaenuddin HM
Lembar hal : 612 Halaman
Penyunting : Daniel Bukit
Pemeriksa Aksara : Imam Rohmatulloh
Penerbit : Change Penerbit
Cetakan 2 : Februari 2015
Didistribusikan Oleh : PT. Firma Ufuk Semesta
Peresensi : M. Taufiqurohmanul hadi
Editor      : M. Alvi Firdaus

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.