MA Tajul Ulum Adakan Proyek P5RA

Kepala Madrasah dan para siswa saat P5RA. Dok : Kristal

Brabo, kristalmedia.net - MA Tajul Ulum mengadakan proyek P5RA (Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Pelajar Rahmatan Lil Alamin), Senin-Selasa (16-17/10/23). P5RA merupakan implementasi dari Kurikulum Merdeka, kombinasi dari Kemdikbud dan Kemenag.


Dalam P5RA para siswa diberi materi dan beberapa keterampilan khusus terkait tema tertentu. Materi tersebut disesuaikan dengan tema yang sudah ditentukan oleh Kemdikbud dan Kemenag. Pelaksana proyek P5RA ini adalah bapak/ibu guru lintas mata pelajaran dengan satu koordinator. Dalam proyek P5RA yang pertama ini, MA Tajul Ulum mengambil tema Bangunlah Jiwa dan Raganya dalam bentuk kegiatan Sosialisasi dan Deklarasi Madrasah Ramah Anak. Nantinya, proyek P5RA akan diselenggarakan 3 kali dalam satu tahun ajaran.


Di hari pertama proyek P5RA, siswa mendapatkan sosialisasi materi dan bimbingan tentang bahaya bullying atau perundungan. Setelah itu, secara berkelompok, siswa diberi tugas untuk membuat poster atau komik strip dengan tema anti bullying, sebagai wujud pendalaman dan ekspresi siswa. Di hari kedua, siswa diminta untuk menyelesaikan tahap akhir dalam pembuatan poster atau komik strip. Pada akhir kegiatan, semua siswa diminta untuk berkumpul di halaman MA Tajul Ulum dengan membawa hasil karyanya masing-masing guna mendeklarasikan Madrasah Ramah Anak.


Bp. Fahmi saat presentasi di kelas. Dok : Kristal 
Bapak Ahmad Fahmi Ashshidiq, salah satu guru pembimbing, berharap agar siswa dapat menjalankan apa yang telah disampaikan oleh bapak/ibu guru terkait materi bahaya bullying di lingkungan madrasah. Sehingga akan terwujud madrasah yang aman dan nyaman bagi siswa untuk belajar.


Alfin, siswa kelas XI IPA 1 mengatakan, adanya sosialisasi bahaya bullying bisa memberikan kesadaran kepada siswa terkait bahaya bullying, “Saya merasa proyek anti bullying ini dapat menyadarkan siswa betapa bahayanya bullying terhadap teman di sekitar kita,” ujarnya.

 



Reporter : M. Chelsa Liwaulhamd
Editor : Faatih Ni'mal Mazruu'ii


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.