Donor Darah untuk Bantu Sesama

 

Foto petugas PMI Kab. Grobogan saat melaksanakan donor darah.
 Dok by Kristalmedia

Brabo, kristalmedia.net - PMR Wira OSIS MA Tajul Ulum bersama PMI kabupaten Grobogan mengadakan kegiatan donor darah yang bertempat di dalam ruangan kelas XI Keagamaan 2, Kamis, (16/11). Acara tersebut diikuti oleh segenap dewan guru, dan beberapa siswa yang umurnya telah menginjak 17 tahun.


Donor Darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah yang digunakan untuk keperluan transfusi darah. Menurut SOP (Standar Operasional Prosedur) untuk mengadakan kegiatan ini adalah setiap 60 hari sekali, dan juga tergantung oleh pihak sekolah tersebut.


Nantinya darah yang didonorkan akan disumbangkan kepada orang yang membutuhkan transfusi darah. Akan tetapi, sebelum darah di transfusikan akan dilakukan pengecekan terlebih dahulu yang harus memenuhi syarat terbebas dari beberapa penyakit. Penyakitnya antara lain yaitu Hepatitis C, Hepatitis   B, HIV, dan lain-lain.


Dilansir dari halodoc.com, syarat bagi pendonor yaitu sehat jasmani dan rohaninya, berusia 17-60 tahun, berat badan minimal 45 kg, suhu tubuh 36,6-37,5 derajat Celcius, tekanan darah harus berada di angka 100-160 untuk sistolik dan 70-100 untuk diastolik, Saat pemeriksaan, denyut nadi harus sekitar 50-100 kali per menit dan Kadar hemoglobin minimal 12 gr/dl untuk wanita, dan minimal 12,5 gr/dl untuk pria.


Donor darah tidak hanya bermanfaat bagi orang yang mendapatkan donor darah saja. Tetapi juga bermanfaat bagi pendonor, yaitu memperbarui sel darah, menyehatkan tubuh, dan dapat memeriksa kesehatan kita dalam kurun waktu 2-3 bulan terakhir.


“PMI kabupaten Grobogan sangat mengapresiasi sekali dan sangat menjujunjung tinggi kepada semua teman-teman, karena telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. Dan dari PMI kabupaten Grbogan sangat berterima kasih dan untuk kedepanya lebih banyak lagi dan lagi.” Ujar Sukarno salah satu petugas dari PMI Kabupaten Grobogan.

 

Reporter  : M. Chelsa Liwaulhamd dan Afthan Muhammad Kafa
Editor      : Faatih Ni'mal Mazruu'ii

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.