Menempa diri dalam LDK, Makesta dan PJD

Penyerahan sertifikat peserta oleh Kepala Madrasah. Dokter: Kristal


Brabo, kristalmedia.net – MA Tajul Ulum adakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) dan Pelatihan Jurnalistik Dasar (PJD) bagi anggota OSIS, IPNU, LPS Kristal dan perwakilan kelas X dan XI. Acara yang diselenggarakan selama dua hari, yaitu hari Kamis (28/9/2023) dan hari Jum'at (29/9/2023) bertempat di Kampus MA Tajul Ulum.


Dalam sambutannya, Bapak H. Ahmad Mohdlori, S.Ag., MSI, selaku Kepala MATU mengatakan, diadakannya agenda LDK, Makesta dan PJD bertujuan untuk mewujudkan misi madrasah, yaitu membimbing siswa menjadi generasi intelektual berakhlak, berprestasi, dan bersosial.


“Selain itu, diadakannya kegiatan ini bertujuan untuk melatih keterampilan siswa dan menjadi penopang semangat untuk siswa dalam berorganisasi,” ungkap Bapak Mohdlori.


Acara dibagi menjadi dua hari, Kamis untuk materi dan Jum'at untuk praktek (Kristal) dan Outbound (OSIS) dan IPNU. Pemateri LDK dari Talenta Learning Center Grobogan, pemateri IPNU dari PAC IPNU Tanggungharjo dan PC IPNU Grobogan dan pemateri Kristal dari NUOnline dan elsaonline.com


Kegiatan pada tahun ini berbeda dengan kegiatan tahun-tahun sebelumnya. Jika pada tahun sebelumnya hanya ada LDK untuk semua organisasi, pada tahun sekarang dibagi menjadi tiga; LDK untuk OSIS, Makesta untuk IPNU, dan PJD untuk Kristal.


Bapak Tofikhul Hidayat, S.Pd, selaku Waka Kesiswaan mengatakan, jika tahun-tahun sebelumnya semua organisasi berfokus pada pelatihan kepemimpinan dengan harapan agar siswa dapat menjadi pemimpin yang bertanggung jawab dalam organisasi yang diikutinya. Karena kodratnya seorang lelaki itu akan menjadi pemimpin. Tetapi untuk sekarang pelatihan dibagi sesuai dengan organisasi yang ada agar lebih fokus terhadap organisasi yang diikutinya.


Dalam kegiatan ini Yayasan Tajul Ulum menganggarkan dana kurang lebih 18 juta untuk setiap lembaga untuk keperluan-keperluan yang dibutuhkan. Misalnya konsumsi, perlengkapan dan bisyaroh untuk pemateri. Untuk pemateri sendiri sebenarnya kepala madrasah menyarankan untuk mengundang dari alumni madrasah, tetapi untuk lebih menambah wawasan juga mendatangkan pemateri dari luar.


Cukup banyak peserta yang antusias dalam mengikuti kegiatan, hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya peserta yang bersemangat dalam mengikuti kegiatan yang ada. Apalagi hampir seluruh pesertanya adalah anak pondok. Sementara itu, juga terdapat beberapa kendala selama pelaksanaan kegiatan, seperti kurangnya pengerasan suara dan kurangnya tanggapnya panitia terhadap tugas-tugasnya.


“Harapan saya semoga dengan diadakannya kegiatan ini, dapat bermanfaat bagi siswa, menjadi bekal untuk organisasi dan menjadi nilai positif bagi madrasah,” tutur Bapak Tofikhul Hidayat, S.Pd.


Wartawan : Ahmad Arsyadani F
Penyunting : Faatih Ni'mal Mazruu'ii


Tulisan ini merupakan hasil Pelatihan Jurnalistik Dasar yang diselenggarakan LPS Kristal pada 28-29 September 2023.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.