PKKM sebagai Ajang Meningkatkan Kualitas Madrasah


Pembukaan PKKM di MATU. Dok. Kristal

Brabo, kristalmedia.net - Untuk meningkatkan kualitas madrasah dan kinerja kepala madrasah, diadakan PKKM (Penilaian Kinerja Kepala Madrasah) di MA Tajul Ulum. Program ini dilaksanakan pada hari Kamis (30/11), yang hadiri oleh petugas penilai dari Kemenag Kabupaten Grobogan.


Kinerja Kepala Madrasah dinilai agar dapat meningkatkan kinerja dan harapannya madrasah yang dikelolanya bisa lebih maju dan berkualitas. Dengan demikian Kepala Madrasah dapat mengetahui kemana madrasah akan diarahkan sehingga madrasah secara bertahap dapat maju dan berprestasi. Cara penilaian madrasah adalah dengan melihat lengkapnya berkas-berkas administrasi, sehingga jika lengkap berkas-berkasnya, maka akan mendapatkan nilai yang unggul.


Penilaian Kepala Madrasah meliputi 4 aspek, yaitu pengembangan madrasah, manajerial, kewirausahaan, dan pengawasan. Aspek pengembangan madrasah berkaitan dengan keberadaan mutu madrasah melalui visi misi serta tujuan madrasah. Aspek manajerial berkaitan dengan pembagian uraian tugas masing-masing wakil kepala, mulai dari kesiswaan, humas, sarpras, wali kelas, hingga pembagian uraian tugas masing-masing guru dalam pengelolaan kegiatan belajar mengajar.


Aspek ketiga kewirausahaan, yaitu mengelola usaha milik madrasah yang digunakan untuk pembiayaan pengembangan madrasah, baik dalam kesejahteraan guru maupun pengadaan sarana dan prasarana. Aspek yang terakhir mengenai supervisi, yaitu untuk mengetahui sejauh mana kekuatan atau kelebihan pribadi guru dalam mengajar.


Tim Penilai PKKM dari Kankemenag Grobogan. Dok Kristal

Kepala Madrasah MA Tajul Ulum, Bapak H. Ahmad Mohdlori menyikapi PKKM dengan cara ingin meningkatkan kedisiplinan siswa. Beliau juga meminta siswa dalam hal menjaga lingkungan agar selalu bersih. Cara yang dilakukan beliau salah satunya melarang siswa membawa nasi bungkus dari luar madrasah.


”Saat ini kami larang untuk membawa bungkusan dalam rangka, agar sekolah kita bersih, orang kalau bersih semuanya senang, tapi belum tentu semua orang suka bersih-bersih,” ungkap beliau.   


“Sukses untuk LPS KRISTAL MA Banin Tajul Ulum Brabo, sukses semuanya,ujar bapak Margono selaku petugas PKKM.


Reporter : Afthan Muhammad Kafa dan Faza Fauzurrochim
Redaksi : Faatih Ni'mal Mazruu'ii

 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.