Renovasi Masjid Al Anshor Brabo Membutuhkan Dana Rp5 Milyar

Masjid Al Anshor Brabo tampak depan. Dok: internet

Brabo, kristalmedia.net Masjid Al Anshor Desa Brabo mulai direnovasi pada bulan Dzulhijjah akhir. Ditargetkan selesai dalam waktu jangka panjang dua tahun dan menghabiskan dana sebesar Rp5 milyar.

Dari awal pembangunan hingga sekarang, masalah dana masih menjadi kendala dalam proses renovasi masjid. Pihak takmir masjid masih mengandalkan kotak infaq dan sukarelawan.

Rencananya pihak pemerintah desa akan melakukan penarikan infaq ke setiap satu kartu keluarga desa Brabo ketika waktu panen tiba. Ada tingkatan dalam penarikan dana. Untuk golongan Atas Rp500.000,00 atau lebih, golongan tengah Rp300.000,00, dan golongan bawah Rp200.000,00. Namun, hingga kini hal itu belum ada pergerakan yang jelas.

“Semoga pemerintah desa segera melakukan hal itu agar proses renovasi bisa berjalan dengan cepat dan lancar. Sehingga masyarakat bisa segera melakukan kegiatan keagamaan dengan nyaman dan
khusyu’,”
ucap Bapak Muhtasor, takmir Masjid Al Anshor kepada Kristal pada Jum'at (29/9/2023) .

Gaya Arsitektur Masjid Al Anshor meniru ala Jawa Timuran dan berlantai tiga. Bahkan bisa lebih tinggi lagi jika ada dana lebih. Hal itu dikarenakan Masjid tidak bisa menampung seluruh masyarakat dan para santri ketika kegiatan keagamaan, terkhusus kegiatan Sholat Jumat.

Alasan masjid direnovasi karena Masjid tidak bisa menampung seluruh masyarakat dan para santri ketika kegiatan keagamaan terkhusus sholat jumat.” jelas Bapak Muhtashor.

Walaupun Masjid direnovasi, hal itu tidak menghalangi masyarakat untuk melakukan kegiatan keagamaan seperti Sholat Berjamaah 5 waktu dan Sima’atul Qur’an setelah Sholat Jum’at. Namun untuk sementara, kegiatan Sholat Jum’at dipindah di Masjid Al Muhajirin Pondok Pesantren Sirojuth Tholibin.

Jika lantai Masjid sudah bisa ditempati walau belum sepenuhnya jadi, kegiatan Sholat Jum’at akan kembali dilaksanakan di Masjid Al Anshor. Agar masyarakat mengetahui bahwa Masjid Al Anshor sedang direnovasi dan butuh dana.

“Dalam waktu 4 bulan ke depan atau lebih, jika lantai masjid sudah bisa ditempati, maka kegiatan sholat jumat akan kembali dilaksanakan di masjid Al Anshor agar masyarakat mengetahui bahwa Masjid Al Anshor sedang direnovasi dan membutuhkan dana sehingga masyarakat bisa lebih bersemangat dalam berinfaq,” ucap Bapak Muhtashor.

“Alhamdulillah senang bisa bekerja dan membantu dalam proses perenovasian masjid Al Anshor, kita harus bisa bersyukur di setiap jalan menuju rezeki untuk menafkahi keluarga. Semoga berkah dan rezeki lancer,” ungkap Bapak Kasman, pekerja renovasi masjid.

Reporter : Nihalulloh dan Fathan Mubina
Editor: Fardan Arjab


Tulisan ini merupakan hasil Pelatihan Jurnalistik Dasar yang diselenggarakan LPS Kristal pada 28-29 September 2023.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.