Amalan-Amalan di Bulan Rajab





Kata Rajab diambil dari isim masdar At Tarjib. Menurut Imam Ghozali, kata rajab memiliki beberapa makna. Yang pertama, kata rajab berarti At Ta'dzim yang berarti kemuliaan. Dinamakan demikian karena bulan rajab merupakan salah satu bulan yang mulia. Doa seorang hamba akan diijabah oleh Allah SWT. Yang kedua berarti Al Ashob . Memiliki arti pencurahan. Pada bulan ini Alloh akan mencurahkan rahmatnya kepada hambanya yang bertaubat. Yang ketiga kata rajab bermakna Al Asom yaitu yang tuli. Karena dalam bulan rojab tidak dapat diterima adanya suara gejolak perang. Keempat kata rajab Merujuk pada nama sungai di surga. Yang mana airnya lebih putih dari susu, lebih manis dari madu, dan lebih dingin dari es. Airnya hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang berpuasa di bulan rajab.   


Amalan amalan di bulan rajab yaitu:


1. Berpuasa

عن ابي هريرة رضي الله عنه قال :قال رسول الله ص.م.: من صام السابع والعشرين من رجب كتب له صيا م ستين يوما . 

“Dari Abu hurairoh RA berkata : Rosululloh SAW bersabda : Barang siapa yang berpuasa pada tanggal 27 Rajab, maka ia dihitung puasa selama 60 bulan.” 


2. Memperbanyak berbuat kebaikan

روى الديلمي عن عائشة رضي الله عنها قالت سمعت رسول الله ص.م.: يسح الله الخير في اربع ليال: سح ا ليلة الأضحى وليلة الفطر وليلة النصف من شعبان واول ليلة من رجب  .

Diriwayatkan dari Addailami dari Aisyah RA berkata : saya mendengar Rosululloh SAW bersabda: Allah SWT akan melimpahkan kebaikan pada empat malam. Yaitu malam hari raya Idul Adha, malam hari raya Idul Fitri,Malam sebagian buan Sya'ban dan awal malam bulan Rajab”.


3. Memperbanyak Doa

  Layanan Pelanggan yang Dapat Diperoleh : Layanan yang Dapat Diatur dan Layanan yang Diperbolehkan

“Diriwayatkan oleh Addailami disandarkan dari Abi Umamah dari Rosululloh SAW. “5 malam yang jika hamba berdoa tidak mungkin ditolak: awal malam bulan Rajab, malam setengah bulan Sya'ban, malam Jumat dan dua malam hari raya.” 


 

4. Memperbanyak Istighfar

انّ من استغفر في رجب بالغداة والعشيّ يرفع يديه يقول: اللهم اغفر لي وارحمني وتب عليّ سبع ين مرة لم تمس النار له جلدا. 

“Sesungguhnya orang yang beristighfar setiap pagi dan sore pada bulan Rajab seraya mengangkat tangan dengan lafadz Allohummaghfirli warhamni watub 'alayya 7 kali maka kulitnya haram atas api neraka.”



Referensi : 

kitab Mukasyafatul Qulub karya Imam Ghozali

Kitab Kanzunnajah Wassurur karya Syaikh Abdul Hamid Muhammad ‘Ali Qudus


 

 




Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.