Yayasan Tajul Ulum Sukses Gelar Haflah Akhirussanah Akbar

 

foto wisudawan wisudawati MA yayasan Tajul ulum
Dok. LPS Kristal

Brabo, kristalmedia.net - Yayasan Tajul Ulum sukses menggelar acara Haflah Akhirussanah dan Muwaada'ah Akbar pada hari Ahad, (12 /05/24) bertempat di halaman MTs Banin. Acara dimulai dari Pkl. 06.30 WIB sampai selesai. 


Haflah Akhirussanah dan Muwaada'ah ini diikuti oleh semua lembaga yang berada di bawah naungan Yayasan Tajul Ulum, yaitu Madrasah Aliyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Diniyah Awwaliyyah dan Wustho baik Banin maupun Banat. Total peserta wisuda adalah 1.146 dengan rincian, Madin Awwaliyyah Banin 90 siswa, Madin Awwaliyyah Banat 128 siswi, Madin Wustho 70 siswa/siswi, MTs Banin 235 siswa, MTs Banat 244 siswi, MA Banin 179 siswa dan MA Banat 200 siswi.


Acara ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang dilaksanakan di masing-masing lembaga, yaitu MTs-MA Banin, MTs-MA Banat dan Madin Awwaliyyah dan Wustho. 


Haflah dibuka dengan pentas muhafadzoh kitab Alfiyah Ibnu Malik oleh segenap siswa kelas XII Jurusan Keagamaan dan kitab Salaalimul Fudhola oleh segenap wisudawan dan wisudawati Madin Wustho. Menghafal nadzham kedua kitab tersebut ini merupakan salah satu program unggulan Yayasan Tajul Ulum, khususnya di MA jurusan keagamaan dan Madin Wustho.


Foto para wisudawan dan wisudawati berprestasi
Dok. LPS Kristal

Selesai muhafadhoh, acara dilanjut pembukaan oleh MC yang dipimpin oleh Bp. M. Fikri Nadzif, S. Pd. dan Bp. Muhammad An’imbih, M.Pd.I. Dzikir tahlil yang dipimpin oleh Bp. Drs. Khoirullah kemudian pembacaan do’a oleh Bp.K. Nur Hadi, S.Pd.I. disambung menyanyikan lagu Indonesia Raya & Mars Madarasah,


Setelah itu disusul dengan sambutan Ketua Yayasan Tajul Ulum, Bp. H. Mu’tamir Hilmy Mujtaba, S.Pd.I. Dalam sambutanya, beliau mengucapkan selamat dan sukses kepada wisudawan dan wisudawati dan berdoa semoga ilmu yang didapat bermanfaat di dunia dan akhirat serta mendapat ridla Allah subhanahu wa ta'ala.


Kemudian sambutan orang tua/wali wisudawan oleh Bp. Joko Santoso, orangtua Salik Bahruddin, siswa MA Tajul Ulum. Dilanjutkan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Muhammad Yafis, siswa MTs Banin dan Al Mauidhoh Al Hasanah oleh Bp. KH. M. Shofi Al Mubarok, AH. Doa Ikhtitamul Majlis oleh Bp. KH. Ma’shum Abi Darda dari Sragen. Prosesi wisuda, MTs-MA, apresiasi siswa berprestasi, prosesi wisuda madin, ikrar alumni, dan diakhiri dengan penutup.



para wisudawan terbaik jurusan 
Dok. LPS Kristal

Perasaan salah satu siswa berprestasi


Salik Bahrudin, Lulusan Terbaik MA Tajul Ulum dan Terbaik Jurusan IPA MA Tajul Ulum Tahun Ajaran 2023/2024 menuturkan perasaannya kepada LPS Kristal,


Semua orang manapun ketika ditanya apa perasaan menjadi siswa yang terbaik, pasti senang, pasti bahagia, dan terharu. Ada satu yang terkesan pada wisuda tahun ini, pada tahun lalu siswa yang terbaik hanya dilihat oleh teman teman akan tetapi pada tahun ini dilihat seluruh lembaga. Tapi ada satu ujian terberat buat saya, yaitu menahan diri dari munculnya sifat-sifat ujub, riyak, dan sifat sombong itu adalah ujian yang paling berat buat saya”.


Tanggapan wali murid terhadap Haflah Akhirussanah tahun ini


Dari hasil wawancara dengan beberapa orangtua/wali, respon mereka terhadap acara ini sudah cukup baik dan sudah mulai berkembang, seperti ditambahkannya videotron, gedung transit bagi wali yang tidak menggunakan co-card, dan tempat parkir yang luas. Salah satu wali wisudawan, pak Sanuri menuturkan,


“Saya rasa acara ini berjalan dengan baik. Semua dipersiapkan dengan bagus, termasuk ada ruang kesehatan, ruang transit dan fasilitas yang disediakan oleh panitia saya kira sangat-sangat memuaskan,” tutur Pak Sanuri. "Acara (Haflah-red) sudah baik, kepanitiannya sudah bagus, fasilitas nya juga sudah bagus, dan acaranya juga mewah," imbuhnya.


Evaluasi terhadap acara Haflah Akhirussanah tahun ini


Selain apresiasi positif terhadap pelaksanaan Haflah, juga ada beberapa kritik dan saran dari orangtua/wali. Di antaranya disampaikan oleh Bapak Hafidi,


“Seharusnya di luar ruangan juga diberi layar lebar. Sehingga para orang tua yang tidak bisa masuk bisa menyaksikan acara yang ada di dalam. Ini kan tidak ada layarnya, kita hanya bisa menunggu dan mendengarkan. Lebih efektif lagi jika diberi layar lebar sehingga nanti bisa menyaksikan secara langsung anak anak kami yang sedang wisuda,” ungkap beliau.


Pesan orangtua/wali kepada para wisudawan/wisudawati dan acara ini


Salah satu orangtua/wali, Bapak Sanuri berpesan kepada para wisudawan dan wisudawati, ”Mungkin lebih ditingkatan dan ditertibkan lagi (belajarnya-red) untuk putra-putri, jangan sampai berhenti di sini. Ini baru awal kalian menempuh pendidikan, bukan akhir sebuah pendidikan."  


Reporter : Arsya, Fatkhan, Afthan.
Editor : Redaksi LPS Kristal 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.