Dengan P5PPRA, Siswa MATU Diajak Belajar Berwirausaha


Brabo, kristalmedia.net - Sebagai sarana melatih siswa berwirausaha, MA Tajul Ulum mengadakan Program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamiin (P5PPRA) dengan mengambil tema kewirausahaan. Kegiatan proyek berupa membuat kreasi makanan ringan ala UMKM.


Siswa kelas X dan XI di masing-masing kelas dibagi dalam beberapa kelompok, setiap kelompok menentukan jenis makanan ringan yang akan dibuat. Setelah itu, mereka diharuskan membuat proposal yang berisi jenis usaha yang dilaksanakan, latar belakang pemilihan usaha, rincian bahan, cara pembuatan dan modal yang harus dikeluarkan, sampai kepada strategi kemasan produk dan pemasaran.


Bermacam makanan tadi, kemudian dipamerkan dalam Gelar Karya yang diadakan di halaman MA Tajul Ulum pada Kamis, (30/5/2024).


P5PPRA merupakan bagian dari Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) yang dilaksanakan di MA Tajul Ulum pada tahun ajaran 2023/2024. Program tersebut dilaksanakan 3 kali dalam satu tahun, dan tema wirausaha ini merupakan program terakhir dalam tahun ajaran ini. Kegiatan ini diadakan sebelum Asesmen Sumatif Akhir Semester Genap.


“Tujuan kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan semangat kepancasilaan dan kewirausahaan kepada peserta didik, juga untuk menanamkan nilai-nilai Islami dalam kepribadian siswa tersebut,” tutur Pak Taufiq selaku panitia program tersebut.


Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan meriah dengan berbagai jenis usaha makanan seperti cilok, telur geprek, es degan, dan lainnya. Salah satu siswa MA Tajul Ulum, Bagas berpendapat jika adanya P5PPRA sangat bermanfaat bagi dirinya dan teman-temannya.


“Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat untuk rencana kedepannya setelah lulus dari sekolah, tuturnya. 


Laporan: Tim Redaksi

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.