Liburan Bermanfaat ala LPS Kristal

Brabo, kristalmedia.net - Liburan semester genap tahun ajaran 2023/2024 ini cukup panjang bagi siswa MA Tajul Ulum Brabo. Bagaimana tidak, liburan terhitung sejak penerimaan rapor hari Sabtu (9/6/2024) sampai pertengahan bulan Juli nanti.

Untuk mengisi liburan kali ini, kepengurusan baru LPS Kristal di bawah komando Afthan M. Kafa sebagai pemimpin redaksi, membuat program Liburan Bermanfaat bagi kru LPS Kristal. Program tersebut terdiri dari tiga agenda, yaitu #KristalNgampusYuk, #KristalLiburan dan #KristalBacaBuku

"Adanya program liburan bermanfaat ini bertujuan agar kru kristal tetap belajar di tengah-tengah liburan. Sekolah boleh libur, tapi belajar jalan terus," jelas siswa kelas X A tersebut

Ngulik Dunia Kampus bareng Alumni

Agenda liburan bermanfaat yang pertama adalah #KristalNgampusYuk. Dalam agenda ini, kita akan ngobrol dengan beberapa narasumber melalui live instagram berkaitan dengan dunia kampus, mulai dari jalaur masuk perguruan tinggi, kehidupan kampus, pergaulan mahasiswa, sistem belajar dan aktivitas kemahasiswaan lainnya.

Ada tiga narasumber yang telah dipilih, ketiganya merupakan alumni MATU dan dulu juga pernah berproses di LPS Kristal.

Ketiga narasumber tersebut adalah Emha Ainin Ni'am, mahasiswa UNDIP Semarang yang sedang melakukan internship program di PT Jasa Marga (Persero), Ulin Ni'am alumni UIN Maliki Malang dan sekarang menjadi ASN di Malang, dan Ziyad Mubarok, mahasiswa Universitas Al Azhar Mesir.

#KristalNgampusYuk dilaksanakan setiap malam Pkl. 19.00 WIB melalui platform live streaming @lpskristal. Dilaksanakan selama tiga hari tanggal, 23, 28 dan 30 Juni 2024.

Jalan-jalan Bermanfaat

Selain mengenal dunia kampus lewat #KristalNgampusYuk, program liburan bermanfaat lainnya adalah #KristalLiburan. Dalam agenda ini, sembari pulang kampung dan liburan, kru Kristal merekam dan memotret beberapa tempat memarik di kampung halaman.

Sebagai informasi, mayoritas Kru LPS Kristal adalah santri pondok pesantren dari berbagai daerah. Momen liburan semester ini, dimanfaatkan untuk pulang kampung dan berkumpul dengan keluarga serta teman-teman. 

Mengisi Nutrisi dengan Baca Buku

Liburan bermanfaat lainnya adalah #KristalBacaBuku. Kru kristal diajak menjelajah buku melalui aplikasi iPusnas yang bisa diunduh secara gratis di Playstore. Cukup mendaftar dengan email dan nomor WhatsApp, kita sudah bisa meminjam buku dengan berbagai macam judul dan genre.

Kru Kristal dianjurkan untuk membaca satu judul buku sesuai minatnya. Setelah membaca, mereka akan mendiskusikan bacaannya ketika sudah masuk sekolah di tahun ajaran baru nanti.

Meskipun bebas menentukan judul dan genre, Kru Kristal juga diberi rekomendasi bacaan, baik fiksi maupun non fiksi, terutama yang berkaitan dengan jurnalistik.

Buku rekomendasi tersebut adalah: Seandainya Saya Wartawan Tempo (Tempo), Humor Jurnalistik (Mahbub Djunaidi), Vademekum Wartawan lParakitri T. Simbolon), Seri Cerpen Pilihan Kompas, Corat Coret di Tolilet (Cerpen, Eka Kurniawan), Saksi Mata (Cerpen, Seno Gumira Ajidarma), Nyanyian Akar Rumput (Puisi, Wiji Thukul), Cantik itu Luka (Novel, Eka Kurniawan), Ronggeng Dukuh Paruk (Novel, Ahmad Tohari), Perempuan di Titik Nol (Novel, Nawal el Saadawi)

Program Liburan Bermanfaat ini merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan, semoga akan memberi manfaat positif dan dapat dilakukan di tahun-tahun berikutnya dengan inovasi yang lebih baik. (FHM)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.